Belajar Memasak Nasi Goreng Sosis

Nasi Goreng Sosis
Sosis merupakan makanan yang berbahan utama daging cincang, terna, lemak hewan dan rempah. Dahulu, sosis dibungkus dengan menggunakan usus hewan. Tetapi saat ini, pembungkus tersebut telah beralih ke bahan sintesis yang aman untuk dikonsumsi. Di berbagai belahan negara, sosis menjadi makanan favorit. Di italia misalnya, sosis menjadi topping pizza yang sangat di minati. Sementara di Cina, sosis menjadi lauk tambahan yang disukai. Pada dasarnya, ada beragam sosis, mulai dari sosis kualitas premium sampai yang biasa. Jika Anda menyukai rasa yang original, konsumslah sosis premium. Meski demikian, sosis biasa juga tak kalah enaknya. Makanan ini bisa dimakan secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Salah satu makanan yang menggunkanan bahan tambahan sosis adalah nasi goreng. Nasi goreng sosis.

 Nikmat Dan Praktis

Jika ditelaah, boleh jadi masyarakat Cina lah yang pertama kali membuat nasi goreng dengan menambahkan potongan atau sosis utuh di dalamnya. Oleh karena rasanya yang nikmat dan kepraktisan, saat ini, hampir semua orang menyukai nasi goreng sosis. Sudah pernah mencoba? Jika belum, cobalah resep nasi goreng sosis sederhana berikut.

Pertama sekali, siapkan bahan. Adapun bahan yang dibutuhkan kurang lebih seperti gambar di bawah, yakni antara lain:

 

  • Nasi putih sebanyak 4 piring. Pilih yang pera.
  • Sosis ayam (atau sosis rasa lainnya) sebanyak 200 gram. Bisa utuh maupun dipotong melingkar.
  • Telur ayam sebanyak 3 butir.
  • Bawang bombai sebanyak 1 bah.
  • Daun ketumbar sebanyak 1 lembar.
  • Buah tomat sebanyak 1 biji. Bersihkan dan iris tipis melingkar.
  • Bawang putih sebanyak 3 biji. Bersihkan dan cincang halus.
  • Gula putih sebanyak 1 sendok teh.
  • Kecam manis sebanyak 4 sendok makan atau sesuai selera.
  • Kecap asin sebanyak 2 sendok teh.
  • Minyak untuk menumis secukupnya.
  • Garam dan penyedap rasa jika diinginkan.

Cara memasak:

  1. Panaskan wajan. Kocok telur ayam dan masak seperti telur orak arik. Angkat dan simpan.
  2. Kembali masukkan minyak ke wajan. Tumis bawang putih sampai berbau harum.
  3. Masukkan potongan sosis ke dalam tumisan bawang putih. Aduk beberapa saat sampai sosis berubah warna.
  4. Kembali masukkan nasi putih, tomat, telur orak-arik, kecap asin, kecam manis, gula, garam dan penyedap jika diingnkan. Aduk sampai semua bahan benar-benar tercampur sempurna.
  5. Masukkan daun ketumbar. Kembali aduk sampai semua rata.
  6. Angkat nasi goreng. Sajikan dan siap disantap. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan lauk pendamping seperti ayam goreng, udang goreng, daging dan lainnya sesuai selera.
Jangan Ragu Tambahkan Sayuran
 

Jika Anda menginginkan nasi goreng dengan rasa yang lebih kaya, tak ada salahnya menambahkan bahan seperti kacang polong, potongan wortel, kusai, sawi, potongan paprika dan masih banyak lagi lainnya. Sosis biasanya sangat disukai anak-anak, dengan mengolahnya menjadi nasi goreng sosis plus tambahan sayuran, Anda tak perlu lagi khawatir dengan sumpai gizi si kecil. Sebab nasi goreng sosis komplit tentu sehat dan juga nikmat. Selamat memasak ya!