Mengenal Bumbu Dasar Nasi Goreng

Bumbu Nasi Goreng
Nasi goreng merupakan salah satu kuliner nikmat yang digemari tak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai belahan dunia lainnya. Nasi goreng memang nikmat. Perpaduan bumbu dengan hangat nasi membuat banyak lidah jatuh cinta pada kuliner yang satu ini. Istimewanya lagi, nasi goreng cukup mudah untuk diolah. Anda tak harus menjadi koki handal hanya untuk sepiring nasi goreng penggugah selera. Yang Anda butuhkan hanya racikan bumbu dasar nasi goreng. Itu saja, tak lebih!

Rahasia Di Balik Sepiring Nasi Goreng Nikmat

Ada beragam varian nasi goreng. Mulai dari nasi goreng seafood, nasi goreng kambing, nasi goreng teri, nasi goreng pete, nasi goreng nanas, nasi goreng ati, nasi goreng jambal, nasi goreng ayam, naso goreng telur, nasi goreng jawa, nasi goreng sosis, nasi goreng keju, nasi goreng buah, nasi goreng jagung dan masih banyak lagi lainnya. Berbagai varian nasi goreng ini dibagi berdasarkan bahan tambahannya. Meski berbeda pada komposisi bahan tambahan, namun bumbu dasar nasi goreng pada umumnya selalu sama. Bumbu dasar ini merupakan senjata utama di balik kelezatan nasi goreng. Setelah Anda memahami racikan bumbu dasar tersebut, selebihnya Anda bebas menambahkan bahan makanan pendamping untuk menjadikan rasa nasi goreng Anda lebih nikmat.

Berkenalan Dengan Bumbu Dasar

Menurut koki handal Indonesia, Rudy Choiruddin, pada dasarnya bumbu masakan Indonesia dibagi ke dalam empat jenis yakni bumbu dasar putih, bumbu dasar merah, bumbu dasar kuning dan bumbu dasar oranye. Bumbu dasar merah merupakan jenis bumbu yang lazim digunakan dalam pembuatan kuliner seperti aneka tumisan, sambal merah dan juga Nasi Goreng. Cara membuat bumbu dasar merah ini cukup mudah. Berikut langkahnya.

Pertama siapkan bahan berupa:
  • 400 gr cabe merah, bersihkan dan buang bijinya.
  • Sebanyak 100 gram bawang merah.
  • 50 gram bawang putih.
  • 100 gram tomat merah.
  • 20 gram terasi.
  • 100 gram gula pasir.
  • 15 gram garam halus.
  • 100 mililiter minyak goreng yang akan digunakan pada memblender semua bahan.
  • Dan terakhir 100 mililiter minyak goreng yang digunakan untuk menumis bumbu yang telah halus.

Cara membuat:

Masukkan semua bahan yakni cabe merah, bawang merah juga putih, terasi, garam dan juga tomat dalam wadah blender. Jangan lupa masukkan 100 mililiter minyak. Haluskan sampai benar-benar tercampur. Setelah itu, masukkan bahan halus tersebut ke dalam wajan untuk ditumis. Masukkan juga minyak tumis sebanyak 100 mililliter. Nyalakan kompor dan aduk sampai mengeluarkan bau yang khas. Selanjutnya masukkan gula pasir. Aduk sebentar. Angkat dan kemudian dinginkan. Bumbu sudah siap untuk dipakai.

Bumbu Siap Pakai Atau Langsung Pakai



Pada dasarnya, bumbu dasar nasi goreng di atas merupakan jenis bumbu yang bisa disimpan lama di dalam lemari pendingin. Dengan demikian Anda bisa menghemat waktu setiap kali hendak memasak nasi goreng. Bumbu siap pakai ini banyak digunakan mereka yang memiliki aktifitas padat sehingga senang meringkas waktu di dapur. Bagi Anda yang memiliki waktu fleksibel, tak ada salahnya meracik bumbu nasi goreng langsung pakai. Caranya cukup mudah. Siapkan bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah dan haluskan. Tambahkan penyedap dan juga terasi jika suka. Selanjutnya, Anda tinggal mencampurnya dengan nasi putih. Takarannya tergantung pada selera Anda. Mudah kan?