Contoh Proposal Usaha Nasi Goreng


contoh proposal usaha nasi goreng

Bisa dikatakan saat ini usaha dalam bidang kuliner (tidak terkecuali nasi goreng) menjadi salah satu usaha yang paling diminati. Meskipun persaingan dalam bidang ini cukup ketat, usaha dalam bidang kuliner masih sangat ramai peminatnya. Hal ini tidak terlepas dari masih luasnya pasar nasi goreng sebagai salah satu makanan terpopuler di Indonesia dan juga margin keuntungan yang masih cukup menggiurkan.

Sebenarnya usaha nasi goreng termasuk usaha yang membutuhkan modal kecil bila dilakukan dalam skala gerobak. Namun jika Anda menginginkan untuk membuka sebuah rumah makan atau membuat sebuah food court di sebuah mall, dapat dipastikan modalnya akan cukup besar. Jika Anda tertarik untuk memulai usaha nasi goreng namun terkendala modal usaha yang terbatas, tidak ada salahnya menarik investor sebagai penyandang dana. Sebenarnya menarik investor bukan perkara yang sangat sulit selama kita tahu tips dan triknya. Namun, sebelumnya Anda harus membuat terlebih dahulu Proposal Usaha Nasi Goreng!



Sebenarnya apa sih proposal itu?

Secara sederhana pengertian proposal adalah sebuah rencana kerja yang dibuat secara sistematis dan terinci yang dimaksudkan untuk menjalankan suatu bentuk kegiatan yang sifatnya formal.

Jadi sebuah proposal harus berisikan rencana usaha Anda secara terperinci. Dalam hal pembuatan proposal usaha nasi goreng sendiri setidaknya ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan, yaitu :
  1. Alasan pemilihan usaha nasi goreng. Alasan ini dapat Anda tuangkan pada bagian pendahuluan atau latar belakang permasalahan.
  2. Bentuk usaha yang ingin dikembangkan dan cara pemasaran
  3. Rincian biaya yang dibutuhkan
  4. Perhitungan pembagian keuntungan dan perhitungan ROI
  5. Status permodalan dan jaminan atas modal yang disetor
  6. Aspek resiko dan penyelesaian masalah
  7. Harapan agar mau menjadi investor
Sebenarnya tidak ada pakem yang benar-benar harus dipatuhi untuk membuat proposal usaha nasi goreng. Namun, satu hal yang pasti semakin masuk akal proposal Anda, semakin tertarik seorang investor! Jangan hanya menyodorkan tentang besarnya keuntungan tanpa Anda dituliskan potential loss dan resiko yang dihadapi, maka investor akan menganggap apa yang Anda sampaikan hanyalah bualan semata. Namun ada satu hal lagi yang harus Anda perhatikan, jangan sampai menuliskan pula hal-hal yang sifatnya rahasia seperti daftar menu yang akan disajikan atau resep nasi goreng andalan.

Nah, mudah-mudahan dengan artikel yang singkat ini Anda mengerti harus bagaimana menyusun sebuah proposal usaha nasi goreng. Mungkin belum terlalu jelas apabila hanya membaca contohnya saja. Berikut ini sebuah contoh proposal usaha nasi goreng yang mungkin bisa membantu Anda. Download disini.





Catatan :
Proposal tersebut hanya contoh singkat yang jauh dari bentuk proposal yang ideal. Karena proposal adalah sesuatu yang unik dan menggambarkan diri Anda, maka sedapat mungkin proposal tersebut disusun secara lengkap dengan bahasa yang formal.