Tips Memasak Nasi Goreng Lezat

Tips Memasak Nasi Goreng
Siapa yang tidak mengenal nasi goreng? Kuliner yang satu ini mudah dijumpai di mana-mana. Rasanya yang pas membuat makanan yang satu ini digilai banyak orang. Istimewanya, proses pembuatan nasi goreng juga sangat praktis. Hampir semua orang bisa meracik masakan yang satu ini. Terlebih, di pasaran, kita bisa menjumpai banyak  produk bumbu nasi goreng instan. Nikmat dan praktis, itulah nasi goreng. Tapi, meski sederhana, bagaimanapun ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat memasak nasi goreng agar rasanya lebih nikmat. Berikut tips memasak nasi goreng yang penting untuk Anda ketahui.

PIlih Nasi Terbaik

Selama ini, kita paham bahwa nasi dengan rasa terbaik adalah nasi yang pulen sebab teksturnya jauh lebih lembut sehingga nikmat untuk disantap bersama lauk sehari-hari. Namun, untuk nasi goreng, justru nasi terbaik adalah yang pera yang cenderung keras dan dalam bentuk butiran. Anda bisa menggunakan jenis beras apapun, tapi pastikan komposisi saat memasak agar didapatkan beras cenderung lebih keras. Kabar baiknya, saat ini petani beras di Kabupaten Demak sudah mengembangkan varietas beras khusus untuk nasi goreng dengan nama Galur Harapan 1 sampai 8. Jenis beras ini sering digunakan oleh restoran berbintang untuk memasak nasi goreng nikmat A la Resto.

Pilih Bahan Tambahan Terbaik

Tips memasak nasi goreng selanjutnya adalah memilih bahan tambahan terbaik. Selain nasi, sesungguhnya bahan tambahan juga berperan dalam mengoptimalkan rasa. Oleh sebab itu, cermatlah memilih. Pada dasarnya, semua bahan seperti sayuran dan daging bisa ditambahkan pada nasi goreng. Untuk sayuran, Anda bisa menambahkan potongan sawi atau kucai, tauge, jagung dan masih banyak lagi lainnya, Untuk jagung, akan lebih baik jika Anda merebusnya terpisah sebelum dicampur dengan nasi goreng. Sementara untuk sawi dan tauge, pastikan ukurannya kecil agar cepat matang.

Sementara itu, bahan daging seperti kepiting dan udang, bisa langsung dimasukkan mentah di dalam nasi goreng sebab daging tersebut cenderung cepat matang. Untuk daging lainnya seperti ikan, daging sapi dan juga kambing, masaklah terpisah dan pastikan Anda telah memotongnya dalam ukuran kecil. Jika Anda ingin rasa yang lebih nikmat, rendamlah daging tersebut dengan bumbu sebelum dimasak. Daging nikmat tentu akan membuat nasi goreng Anda lezat ketimbang daging yang hambar.

Tips memasak nasi goreng lainnya adalah pastikan Anda menggunakan minyak baru. Pada umumnya, ibu rumah tangga cenderung suka menumis bumbu nasi goreng dengan minyak sisa. Padahal rasa minyak sisa akan mempengaruhi kualitas nasi goreng Anda. Tak hanya minyak, banyak juga yang lebih suka membuat nasi goreng dengan menggunakan nasi sisa kemarin. Memang hemat, tapi tentu tak nikmat! Hal lainnya patut diketahui adalah bahwa tidak semua nasi goreng harus melulu berwarna coklat. Anda bisa membuat nasi goreng meski tanpa cabe dan kecap sekalipun. Alternatifnya, bisa dengan merica bubuk dan juga kecap asin. Pada prinsipnya, pilihan bumbu yang variatif akan membuat nasi goreng Anda istimewa. Selamat memasak!